OpenGL merupakan suatu grafis standard
yang digunakan untuk pemrograman grafis pada berbagai macam platform dan dapat
digunakan pada berbagai jenis compiler. Perlu diingat bahwa OpenGL bukanlah
bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface
(API). OpenGL memiliki sifat open-source, multiplatform, dan multilanguage yang
artinya OpenGL dapat bekerja pada berbagai macam system informasi dan telah
didukung oleh semua bahasa pemrograman.
OpenGL adalah sebuah program aplikasi
interface yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi grafik berbentuk dua
dimensi maupun tiga dimensi. OpenGL memberikan kemudahan bagi pemrogram untuk
tidak menulis ulang bagian grafis setiap kali sebuah bisnis akan diupgrade dari
sistem.
Mengeluarkan koleksi perintah khusus
ke dalam system operasi merupakan fungsi dasar dari OpenGL. Oleh karena itu,
OpenGL bekerja dengan perangkat grafis pada hard drive dan setiap perintah
memang dirancang untuk melakukan tugas tertentu.
Lalu bagaimana dengan perbandingan
antara OpenGL dengan DirectX?
Kedua standar grafik tersebut memang
menyediakan fungsi-fungsi standar yang mirip. Hal ini dikarenakan, dulu
Microsoft juga ikut mengembangkan OpenGL pada awalnya. OpenGL menggunakan
procedural programming yang sederhana seperti standar fungsi-fungsi dengan
prefix awal gl. Sedangkan DirectX menawarkan programming windows dengan
teknologi COM (Component Object Model).
DirectX merupakan framework yang
tidak hanya focus pada grafik saja melainkan juga dengan semua bidang seperti
pembuatan game. Sedangkan OpenGL hanya focus pada standar grafik saja.
Kelamahan yang lain dari OpenGL yaitu OpenGL tidak mempunyai mekanisme untuk
menangani berbagai masalah karena OpenGL hanya berupa basic procedural library. Selain itu OpenGL bersifat open yang
mengakibatkan semua orang dapat mengajukan standar sesuai keinginannya sehingga
terciptalah berbagai extension yang berbeda dari vendor yang satu dengan yang lainnya.
Meskipun dengan beberapa kelemahan
tersebut, masih banyak alasan bagi sebagian orang untuk memilih OpenGL.
Beberapa alas an tersebut adalah :
1. OpenGL lebih
kuat daripada DirectX
OpenGL
memberikan programmer akses langsung ke semua fitur grafis baru pada semua
platform. Sebagian besar gamer menggunakan windows XP, sedangkan DirectX tidak
bekerja pada Windows XP. Untuk itulah tidak ada pilihan yang memberikan grafis
terbaik selain OpenGL.
2. OpenGL adalah
Multiplatform
Artinya,
OpenGL dapat berjalan pada berbagai system operasi. Hal itu karena standar
OpenGL bersifat open dan dapat diimplementasikan oleh siapa saja. Berbeda dari
DirectX yangimplementasinya tidak boleh sembarangan dan hanya boleh dilakukan
oleh Microsoft.
3. Supporting
terhadap micro device
OpenGL
masih menjadi standar programming untuk beberapa console, bahkan PDA dengan
system operasi Windows CE masih menggunakan OpenGL sebagai standar grafik
hardwarenya. DirectX kalah bersaing dengan OpenGL dalam pasar micro.
4. Masa depan yang
cerah untuk game
OpenGL
diciptakan untuk memungkinkan pengguna pada platform apapun menikmati grafis
berkualitas tinggi pada perangkat keras mereka.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar