Rabu, 01 Mei 2013

OpenGL vs DirectX - Alasan untuk tetap memilih OpenGL



OpenGL merupakan suatu grafis standard yang digunakan untuk pemrograman grafis pada berbagai macam platform dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler. Perlu diingat bahwa OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API). OpenGL memiliki sifat open-source, multiplatform, dan multilanguage yang artinya OpenGL dapat bekerja pada berbagai macam system informasi dan telah didukung oleh semua bahasa pemrograman.
OpenGL adalah sebuah program aplikasi interface yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi grafik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi. OpenGL memberikan kemudahan bagi pemrogram untuk tidak menulis ulang bagian grafis setiap kali sebuah bisnis akan diupgrade dari sistem.
Mengeluarkan koleksi perintah khusus ke dalam system operasi merupakan fungsi dasar dari OpenGL. Oleh karena itu, OpenGL bekerja dengan perangkat grafis pada hard drive dan setiap perintah memang dirancang untuk melakukan tugas tertentu.
Lalu bagaimana dengan perbandingan antara OpenGL dengan DirectX?
Kedua standar grafik tersebut memang menyediakan fungsi-fungsi standar yang mirip. Hal ini dikarenakan, dulu Microsoft juga ikut mengembangkan OpenGL pada awalnya. OpenGL menggunakan procedural programming yang sederhana seperti standar fungsi-fungsi dengan prefix awal gl. Sedangkan DirectX menawarkan programming windows dengan teknologi COM (Component Object Model).
DirectX merupakan framework yang tidak hanya focus pada grafik saja melainkan juga dengan semua bidang seperti pembuatan game. Sedangkan OpenGL hanya focus pada standar grafik saja. Kelamahan yang lain dari OpenGL yaitu OpenGL tidak mempunyai mekanisme untuk menangani berbagai masalah karena OpenGL hanya berupa basic procedural  library. Selain itu OpenGL bersifat open yang mengakibatkan semua orang dapat mengajukan standar sesuai keinginannya sehingga terciptalah berbagai extension yang berbeda dari vendor yang satu dengan yang lainnya.
Meskipun dengan beberapa kelemahan tersebut, masih banyak alasan bagi sebagian orang untuk memilih OpenGL. Beberapa alas an tersebut adalah :
1.      OpenGL lebih kuat daripada DirectX
OpenGL memberikan programmer akses langsung ke semua fitur grafis baru pada semua platform. Sebagian besar gamer menggunakan windows XP, sedangkan DirectX tidak bekerja pada Windows XP. Untuk itulah tidak ada pilihan yang memberikan grafis terbaik selain OpenGL.
2.      OpenGL adalah Multiplatform
Artinya, OpenGL dapat berjalan pada berbagai system operasi. Hal itu karena standar OpenGL bersifat open dan dapat diimplementasikan oleh siapa saja. Berbeda dari DirectX yangimplementasinya tidak boleh sembarangan dan hanya boleh dilakukan oleh Microsoft.
3.      Supporting terhadap micro device
OpenGL masih menjadi standar programming untuk beberapa console, bahkan PDA dengan system operasi Windows CE masih menggunakan OpenGL sebagai standar grafik hardwarenya. DirectX kalah bersaing dengan OpenGL dalam pasar micro.
4.      Masa depan yang cerah untuk game
OpenGL diciptakan untuk memungkinkan pengguna pada platform apapun menikmati grafis berkualitas tinggi pada perangkat keras mereka.






 sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar